welcome

Writing is my favorite way to express everything.

So writing is one of the most important thing to do in my life.


Enjoy.

Wednesday, July 4, 2012

Gede, 28 Juni-1 Juli 2012


Perjalanan ini dilaksanakan dalam rangka pelantikan Carvedium 12. Tapi karena hal itu agak internal jadi yang gue catat di sini cuma bagian-bagian perjalanannya. Perjalanan ini dari tanggal 28 juni sampe 1 juli 2012.
Gunung gede sendiri terletak di Jawa Barat, dan kalo gue gak salah dia punya tiga jalur, satu jalur Cibodas satu jalur Puteri, satu jalur Salabintana. Jalur cibodas lebih landai tapi lebih panjang, jadi lebih makan waktu banyak, sementara jalur Puteri lebih curam dan lebih cepat. Rata-rata orang milih trek naik dari Cibodas turun dari Puteri. Tapi kali ini naik Puteri turun Puteri lagi dengan alasan menghemat waktu.

Kamis, 28 Juni 2012
Kumpul di SMAN 81 jam 6, rencana berangkat jam 7. Tapi Tania baru sampe sekolah jam 7 (minta banget digibeng) akhirnya sekitar jam 7.15 rombongan yang terdiri dari gue, Kak Fajar, Kak Adit, Kak Firda, Tania, Tri, dan Pak Jun(iarto), baru berangkat ke terminal bus kampung rambutan. Kumpul di depan Inten (yang notabene lagi penuh penuhnya karena tempat kumpul anak ozon mau study tour ke bandung) langsung nyarter angkot ke kampung rambutan. Sebenernya bisa naik angkot ke kp.melayu, terus naik busway ke kp.rambutan pastinya lebih murah jauh. Tapi itung-itung ngejar rundown jadi kita nyarter angkot sampe kampung rambutan. Abangnya pake acara gak tau jalan -_- terus pake keluar tol cibubur aduh abangnya….ongkosnya itu loh 80 ribu blm termasuk tol. Okesip.
Di jalan pada ngobrol gue otp sama puti yg lagi di bandara. Dia mau pulang kampung mampir ke singapur bentar (begayaan) kampungnya di tanjung pinang, kepeleset agak jauh dikit sampe singapur. Mendingan gue sebenernya ke gede ya ada yg bisa diliat, di singapur mau liat apaan sih wekaweka.
Ya singkat kata sampe ke terminal bus kampung rambutan, cari bus jurusan Cianjur. Masuk bus, duduk, pw deh. Gak lama kita disuruh ganti bus karena ACnya mati. Oke di bus yang baru ini kita gak dapet tempat duduk ffffffuuuuuuu ac sih ac kagak duduk apa yang dirasa. Yaudalaya itung itung pemanasan buat manjat ntar. Sampe ciawi orang-orang pada turun deh tuh, nah kita kebagian tempat duduk. Singkat cerita jam 11.30 an kita orang sampe ke pasar cipanas dengan ongkos 15rebu per orang, diturunin di pinggir jalan terus nyarter angkot ke kaki puteri. Akhirnya dapet satu angkot 55rb. Tapi terus di tengah jalan harus turun terus ngedorong angkot. Sekitar masih beberapa ratus meter dari tempat turun, gue, kak fajar adit turun buat ngedorong angkot, terus kita bilang yaudah anterin dulu ntar balik lagi jemput kita. Dan ternyata kita bertiga ditinggalin sama angkot itu T_T akhirnya kita jalan kaki ke tempat yang lain pada nunggu. Sedih.
Pas udah siap-siap naik ke GPO, dapet sms dari nabila suruh beli indomi sama telor -_- elah nyusain aja bocah. Anyway mine, nabila, kak rury, sama spesial kak jody (danlat terkece sepanjang sejarah perLDan) udah sampe di sana dari pagi buat advance. Terus kita jalan kaki dikit, naek dikit ke GPO, rury sama jody udah nunggu di sana ngurusin perizinan. Iya di sini agak ketat, ceritanya berangkat kamis, seninnya mine udah ngurusin perizinannya, mulai dari bayar, ngumpulis surat pernyataan orang tua, fotokopi kartu pelajar sama ktp dll.
Terus kita trekking ke buper, gak tau pas itu gue engap banget -_- mungkin karena malem sebelumnya nggak fit, paginya lupa sarapan, dan gue enggak pemanasan. Bagus. sampe camp, (anjung akhirnya sampe camp) gue udah cuwaapeeeeek banget. terus buka jaket dan…wow kaos gue menguap -_- iya beneran kayak ada uap yang keluar dari kaos gue. Kaos warna item gratisan dari MotoGP. Terus gue ganti baju, kaosnya yang basah dan bau keringet itu gue jemur. Setelah itu kita makan siang dll dll.

Jumat, 29 Juni 2012
Rombongan yang lain sampe, c10 macem kak Dyanti, Kak Rambo, sama Kak Rio, c9 Kak Tile, Kak Fandi, c8 Kak Windie, c7 Jody (yang kemaren pulang terus balik lagi), c5 Kak Joy, bersama Pak Suryo. Ya ngga langsung dateng bareng gini sih tapi intinya rombongan nambah.

Sabtu, 30 Juni 2012
Paginya, dari jam 4/5 an kita udah bongkar tenda, sarapan, packing, stretching, briefing, dll. Ada sedikit tips dari Joy, karena ini medannya naik, jadi bagi yang pemula mendingan langkahnya nggak usah lebar-lebar, tapi cepat. Sebaliknya kalo turun, langkahnya lebar lebar. Katanya sih biar nggak keserang otot betis sama pahanya. Perjanjian: satu-sepuluh. Jalan satu jam istirahat sepuluh menit.
Perjalanan naik gue pake kaos yang kemaren gue jemur (kaos item MotoGP yang basah dan bau itu loh) karena gue gak bawa banyak baju itung-itung ngurangin cucian. Anyway gue cuma bawa kaos MotoGP, kaos Bebe lengan panjang, flannel, 2 kargo, 1 training sekolah. Sama 1 jaket avtech merah windproof yang baru gue beli hari senin di dika seharga 185rb plus ongkir goceng.
Okesip gue udah siap naik. Udah kece nih pake kaos motoGP gratisan, dobel pake flannel gembel kotak-kotak beli di senen, kargo beli di ITC, sepatu gunung abu-abu pink kece merek HiTech beli di pasar uler, plus carrier merek Consina (hasil pinjeman) 80lt fullpack. Ngga jadi kece deh.
Trek awal: tangga. Yah challenge accepted lah. Tapi baru setengah perjalanan tangga udah engap. Ups ga boleh keliatan lemah di depan caang, harus gagah. Joy kayaknya ngeliat gue engap trus dia ngasih tau trik naik tangga biar ga terlalu capek. Cukup ngebantu lah. Okesip sekitar 45 menit kalo ga salah nebak udah sampe pos 1. Trek berikutnya: akar pohon. Yaman. Akar-akar pohon ini membentuk tangga yang ngga rata. Kalo ngga hati-hati bisa kesandung akar, kepeleset tanah, jatoh berguling, ketusuk akar mati. Hem.
Awalnya trio alumni homo-jamet-alay (joy rury jody) di belakang bareng caang, tapi setelah sekian lama, lhe kok mereka di belakang gue -_- ternyata caang kelamaan mereka ga sabar. Ya maklum.
Setelah jalan berkilo-kilo-kilo meter rasanya ngga akan sampe puncak, tenaga udah abis, dan gue denger kalo itu setengah kurang dikit (setengah kurang dikit juga itu judulnya belom setengah aaaarghhh) gue mulai pesimis dan bilang ke mine “ne gue bakal sampe atas gak ya…”
Ya udah lah gue bisa-bisa in. udah sampe sini juga yekali gue turun sendiri -_- ga bakal nyasar sih orang jalanannya cuma satu jalur. Akhirnya pada satu tempat kita semua ngumpul dan istirahat. Alumni nyuruh kalo istirahat pake jaket. Ternyata ya kalo lagi trekking badan bawaannya panas, gerah, namanya juga gerak melulu. Tapi pas duduk diem sebentar aja, itu dingin banget. nah biar gak dingin, mager, dan bego gunung, dipaksa pake jaket deh. Gue dengan senang hati lah pake jakat orang gue gampang kedinginan -_- di atas situ kita minum air putih, minum susu cokelat, minum kopi, minum jasjus, makan roti, makan slai o’lai, makan biskuat, makan cokelat. Kalo disebutin sih banyak banget yang masuk perut. Tapi kalo makannya segigit segigit doang, minumnya seteguk seteguk doang ya sama aja. Setelah sektiar setengah jam istirahat, kita memutuskan untuk jalan kembali. Anyway gue di rangkaian acara LD ini bertindak sebagai time keeper tapi gue gabut soalnya gue ga punya jam yang cocok buat ginian. Yaudah jadi gue bikin catper ini waktunya juga nebak nebak cap cip cup. Ganti formasi. Nabila minta tukeran di belakang, tuker sama mine.
Setelah itu jalan lagi, dikit dikit gue berenti benerin baju, benerin carrier, salah banget gesper gue kendor jadi baju gue naik naik ke punggung, kelipet di punggung, ketindihan carrier dan punggung gue nyeri, jadi dikit dikit berenti benerin. Rempong abis.
Setelah jalan agak ke atas ke atas ke atas yang tersisa gue, kak Rambo, nabila, yang lainnya jauh di depan dan jauh di belakang. Nah di sini kocaknya -_- kak Rambo punya darah rendah sama kayak gue jadi gampang engap. jadi di tengah jalan beberapa kali kita duduk, ngobrol, menikmati pemandangan, pipis, dll. Sayang kita ga ada yg bawa air. Bawa sih di carrier tapi kan jauh di tengah, males unpack-packing lagi. Yaudalaya, itung-itung udah deket. Oh iya kalo dipikir-pikir baru kali ini gue beneran naik gunung, dan gue suka banget suasananya. Tiap gue papasan sama orang yang ngelewatin pasti dia nyapa “misi mbak” atau “mari mbak” atau kalo gue lagi kelihatan capek orang yang lewat bilang “ayo mbak, semangat, sedikit lagi sampe”. Oh pantesan ikatan pecinta alam itu kuat banget, lha nggak kenal aja kalo sama sama pendaki saling nyapa. Baru sadar di sini istimewanya pecinta alam. Karena itulah gue jadi kebiasa tiap gue ngelewatin orang lagi istirahat gue nyapa (rata rata cowok) “mari mas” “duluan ya pak” ih unyu ya gue.
Oh iya kadang gue papasan sama orang yang naiknya cepet banget, padahal dia bawa daypack sama tentengan gede. Demi apapun bawa tentengan lebih rempong daripada bawa carrier. Siapakah mereka? Apakah isi daypack dan tentengan mereka? Kenapa mereka bisa naik dengan cepat? Jengjeng.
Surya Kencana
Setelah jalan sekitar 6-8 jam, nggak tau tepatnya, nggak bawa jam, kurang lebih jam setengah 2, akhirnya ada orang papasan sama kita dan bilang “semangat mbak, 5 menit lagi sampe” gue dalem hati “HA DEMI APE LO INI UDAH MAU SAMPE?”
Nggak lama, 5 langkah, 10 langkah, 15 langkah, 20 langkah.
Jreng.
Surya Kencana. Baru sampe gerbang Surya Kencana gue sama Nabila diem, terus kita refleks balik ke belakang “MINEEEEEEE UDAH SAMPEEEE KITA UDAH SAMPE NEEEEEEE” terus mine lari lari “demi apa udah sampe demi apa udah sampe?” mukanya capek-sumringah gitu.
And there we were. Kita bertiga menginjakkan kaki bareng-bareng di Surya Kencana. Padang rumput kecokelatan, edelweiss kanan kiri. Awan putih bersih berarak di langit, angin dingin kenceng banget. langitnya begitu bersih, gue ngga pernah lihat langit sewarna itu, secantik itu. Bahkan gue bisa lihat bayangan awan di tanah. Subhanallah. Tau tau mata gue berkaca-kaca. sedikit haru sedikit sedih. gue udah sampe sini? Gue? Sama mine sama nabila? Sama ca…. nggak. kurang satu orang L harusnya dia di sini, euphoria bareng-bareng, pelukan teletabis berempat sama-sama.
Taun kemaren gue di Salak nangisin ke-nggak-ada-an cc11 yang lain. Taun ini cacan…
Well, ngga sempet ada waktu buat nangis sebenernya, kita jejingkrakak kayak kambing hutan, ngedeketin edelweiss dengan norak “ooooooh ini yang namanya edelweiss” manggil kak firda minta foto sana-sini… dan yang pasti: nyopot carrier.
Habis itu kita duduk melingkar (kecuali caang dan guru) briefing apa yang harus dilakukan. Oh iya sebelumnya gue mau ngasih tau abang-abang yang tadi gue bilang bawa daypack dan tentengan, naiknya cepet banget. dia adalah penjual nasi uduk. Gak tau kan lo di atas situ ada yang jual nasi uduk, kopi, teh anget, dsb? Joy ngasih duit suruh beli nasi uduk buat makan rame rame. Nikmat loh, biar kata kayak nasi baru keluar dari kulkas, dingin dingin keras.
Rencananya, rombongan dibagi 2, yang kecil stay di surya kencana timur, sisanya di surya kencana barat (kalo baru sampe itu masih di surya kencana timur). Btw surya kencana barat itu kurang lebih masih sekitar 45 menit lagi dari timur. Tapi gapapa lah treknya datar, dingin, kanan kiri edelweiss. Mantap. Akhirnya ditentuin yang stay di timur Alya, Mine, Rambo, Rio, Adit, sama caang (Tri, Tania). Carrier Tri sama Tania ditinggal, carrier sisanya dibawa ke barat, cuma ditinggalin satu tenda untuk panitia timur. Mine sama Rambo ikut ke barat untuk bantuin bawa barang, tapi terus balik lagi ke timur bawa makanan sama perlengkapan lain-lain. Kasian amat.
Nah gue, rury, sama jody cari cari lapak camp (mereka berdua doang sih gue cuma ngikutin) terus gue sama kak adit bikin tenda. Setelah jadi, kak adit sama kak rio ngurusin caang, gue jaga tenda. Sendirian. Kedinginan. Alas tenda ngga dikasih ponco. Dingin. Ngga ada sleeping bag. Cuma ada kompor paraffin satu sama air dingin -_- akhirnya gue rebus air terus kasih kopi biar angetan dikit, sekitar jam 6an tuh. Terus gak lama kak Rambo sama mine dateng (harusnya) bawa makanan tapi ternyata ngga dimasakin L akhirnya kita masak sendiri. Gue juga pesen bawain baju gue, gue mau pake baju dobel tripel sampe anget. Eh kata mine baju gue gaketemu L akhirnya pinjem baju kak adit. Singkat cerita, udah malem, jam setengah 10 kita tidur, capek, dingin. Cuma ada 2 sleepingbag dan 1 selimut untuk 5 orang. Akhirnya kita tidur dempet-dempetan kayak pindang, menghangatkan satu sama lain. Gue di pojok, sebelahnya mine, kak rio, kak Rambo, kak adit. Kasian mine. Sepanjang malem kak rio kentut melulu soalnya -_-
Malem itu bisa dibilang agak sedih sih soalnya, ngga ada yg tidur dalem sleeping bag, soalnya Cuma ada 2, akhirnya sleeping bag dibuka lebar-lebar terus buat selimutan. Kurang anget…gapapalah. Terus semaleman itu mine menggigil. Terus kak Rambo juga menggigil dan ngigo-ngigo. Untung kotak p3k ada di kita jadi kak Rambo minum parasetamol biar rest in peace…gadeng. Gak tau deh kak Rambo ngigo-ngigo tentang polsek atau apalah itu nggak ngerti.
Semuanya tidur ngga nyenyak. Paling kasian kak adit, keganggu jadi ngga tidur, dia duduk aja, sambil nungguin yg lain tidur. Sedikit sedikit bangunin gue nanya jam.

Minggu, 1 Juli 2012
Jam 1 kita bangun, packing, beres-beres siap-siap jalan ke barat. Jam 2 kurang 10 kak adit sama kak Rambo jalan duluan bawa tenda. Terus jam setengah 3 an baru kita pada berangkat. Gue sempet bego juga sih disuruh nunggu di tempat start malah nyasar. Maklum gelap -_- dimarahin mine “lo bego sih al” heuheu T_T  akhirnya jam 2.50 gue, mine, kak rio mulai jalan. Sepi, gelap, dingin (ini banget) bentuk gue udah gak karuan tuh gue yakin. Kepala: pake slayer dikerudungin, plus dikasih kupluk dari jaket. Badan: Kaos Item MotoGP (udah kotor dekil bau keringet ga ganti 4 hari), dobel pake baju lengen panjangnya kak adit, tambah flannel, terus jaket. Nggak lupa sarung tangan beda warna, kanan putih kiri hijau tentara. Kaki: Kargo yang dari berangkat sampe saat itu ngga dibuka-buka (kecuali kalo pipis), kaos kaki tebel se mata kaki buat tidur doleh kaos kaki panjang buat sekolah, terus sepatu gunung yang kegedean dan tebel.
Kita jalan tuh ngek ngek ngek gak lama lah 20 sampe 30 menit an udah sampe, kumpul sama alumni yang lain, barang-barang taro di camp.
Sekitar jam 4, kita naik ke puncak, masih guwelaaaaapppp banget. gue gak sempet ke camp buat ambil senter pula, jadi gue terima aja senter yang disodorin ke gue. Ternyata di tengah jalan itu senter meredup dan sinarnya hilang :’( padahal gelap gitu huhu kecewa. Yaudahlah. Kita naik sekitar 45-60 menitan, treknya terjal berbatu-batu, untung nggak pake carrier, Cuma beberapa bawa daypack isinya bendera, slayer, kompor, makanan, air, buat piknik di atas. Sampe di atas….
Subhanallah. Di kejauhan pun kelihatan ada bangunan kecil berbentuk SMAN 81 #ngga. Di puncak Gede ini, depan-belakang-kanan-kiri sejauh mata memandang tuh kerlip lampu kota, dan puncak gunung Pangrango. Gue emang udah pernah berada di ketinggian, lihat pemandangan lampu kota yang keren, tapi baru kali ini loh yang bentuknya gini :’
Di sini dingiiiiiiiiiin banget. badan gue berasa beku, idung gue keras banget, badan gue gak bisa digerakin, maunya duduk aja. Tapi nggak boleh sampe bego gunung. Akhirnya dipotongin koyo sama pak jun buat ditempelin di idung, kayak pendaki-pendaki yang papasan sama gue pas gue naik dia turun. Akhirnya beberapa orang masak, yang lainnya pasang bendera dll, gue sama mine berlindung di balik pepohonan dan foto foto.
Lama lama lama lama akhirnya rombongan Joy sama caang dateng, terus kita adakan prosesi pelantikan, posisi berdiri gue diapit dua danlat, rury sama jody, danlat 2012 sama danlat 2011 #teruskenapa. terus gue jadi protokol dadakan (beberapa detik setelah dibisikin disuruh sama jody) padahal kan tugas gue baca puisi :3
sunrise: Subanallah nb, asli, tanpa editing apa apa
Seremoni selesai dll, akhirnya tiba saatnya foto-foto. Nice juga. “Carvedium 12, dilantik seiring terbitnya matahari pagi, dengan semburat pink, jingga, kelabu, dan biru di timur, beradu dengan lampu kota di bawah yang kian terlihat meredup.”
Kita puas-puasin foto di sini, foto sama c11, foto sama c10, foto rame-rame, foto sama c12 baru, foto sendiri, dan ga ketinggalan c11 foto sama danlat terkece sepanjang masa Jody Prasetya *prok* sebenernya yang kece bukan dianya tapi kita ber4 wanita wanita strong yang bikin dia terlihat lumayan hmhehehe. Jadi inget tahun kemaren pas pelantikan cuma dia yang ngelus pipi kita ber4. Sok lembut apa kesempatan -_-
C11 bersama danlat terkece sepanjang masa, Jody Prasetya!
Setelah puas foto-foto, minum minuman anget (di sana air mendidih dikasih susu cokelat kalo nggak langsung diminum jadi es susu cokelat loh) sekitar jam 7.30-08.00 an kita turun ke camp, turunnya bentar paling cuma 20 menit (yaiyalah orang turun) terus di bawah ternyata udah pada lesehan di atas rumput makan nasi uduk sama bakwan. Nyum. Bawaannya laper tapi pas makan jadi kenyang. Untung gue beli satu nasi buat bertiga, walaupun akhirnya nabila gak makan, cuma gue sama mine yang makan.
Terus kita balik ke camp, masak, makan, nggak lupa minum victory drink rame-rame, terus packing, beres-beres, nah sekitar jam 11 baru deh kita mulai jalan dari surken barat.
Perjalanan turun ngga seberat pas naik kok (yaiyalah turun) ada aja obrolan lucu, seru, ketawa-ketawa. 10 menit pertama nih masih ngek-ngek kan turunnya, bawa carrier, terjal, curam, duh ati ati jangan sampe kepeleset. Terus tau tau ada 2 cowok lari dari atas, lompat-lompat macem kambing gunung di medan sulit seperti itu. Gue sama mine diem, kaget, agak kagum, shock, semuanya campur aduk menjadi satu… terus tau tau dari belakang ada yang nyaut “maklum, daypack” oh iya, kita bawa carrier mereka cuma bawa daypack. Menguatkan dalem hati kalo gue bawa daypack mah gitu doang gue juga bisa. Terus gue ketawa-ketawa sama mine, sambil nyeletuk “hahah tau tau ntar ada orang yang kayak gitu ne bawa carrier 100lt hahaha” dan beberapa detik kemudian, ada orang lewat lagi kayak gitu dan…bawa carrier 100lt. “al, baru diomongin udah lewat…” ini gunung, bung.
gue, mine, kak tile, kak rio, jadi satu rombongan kecil agak di depan, dan akhirnya kita turunnya sprint. Ternyata turun sprint lebih enak dan lebih cepet, lebih gak capek. Di sini nih gue tau kalo ada keajaiban. Gue inget banget, banget, banget (gak tau ya kalo salah inget, gue kan pikun) kalo jody, rury, sama joy ada di rombongan paling belakang. Sementara itu gue berempat nyeprint. Sampe di pos ke sekian, mereka bertiga lagi duduk duduk sambil minum kopi panas. Gue seketika diem di depan mereka “loh…kak…kapan nyusul…” terus mereka ketawa “ngopi dulu al?” “kak seinget gue lo di belakang tadi? Kapan nyusul?” “ohahaha lo salah inget kali al” “ha? Oh? Eh ya udah kak gue duluan ya” “ga istirahat dulu?” “ga usah kak belom capek” “oh ya udah sip” terus gue jalan duluan, nyusul kak tile “kak mereka bukannya di belakang ya? Kapan nyusul?” “tadi kan mereka udah nyusul al” “eh? Iya ya? Kapan?”
oke dapat dipastikan daya ingat gue menurun.
Gue-mine-kak tile-kak rio terus  nyeprint. Ada tambahan nabila kalo ga salah inget. Tapi sekitar setengah jam jalan tau tau belakang gue joy. “LOH KAK JOY” ß gini gue shock nya. Belakangnya ada rury sama jody, dan seperti biasa jody lagi ngoceh sendirian.
Gue gak tau apa gue yang norak atau gimana tapi….pas gue sampe di pos mereka, mereka lagi ngopi kan? Lagi santai kan? Duduk duduk kan? Terus gue ngga istirahat, gue lanjut turun, nyeprint kan? Kok mereka udah sampe? Oh gue tau, pasti mereka curang, pasti mereka terbang, iya mereka terbang hahaha.
Setelah gue perhatiin, ya kita ikutin jalur gede yang emang Cuma ada satu jalur. Kanan-kiri hutan. Dan mereka bertiga dengan pedenya belok, terus menghilang. Serah-serah mereka deh ya, yang penting ntar ketemu di bawah -..-
Singkat kata, kita perjalanan turun cuma 2 jam sampe 2 setengah jam lah kalo ga salah tebak. Sampe bawah, kita nunggu semua ngumpul, kita minum, ngemil, istirahat. Setelah semua kumpul, kita turun, ngelewatin GPO, dan berhenti di warung, sekitar jam 3 kurang 15. Di sana baru kita makan nasi goreng, indomi, solat dengan bersih, minum es the manis, bersih-bersih, mandi, ngecas hp (ini dewa banget, ngecas coy). Sekalian ngobolin LPJ, sidang paper, sertijab, dan beberapa omongan domestik lainnya (gara gara jaketnya jody yang katanya alay itu heheheh) pokoknya kita ngaso deh lamaaaaa banget sampe mager pulang.
Sekitar jam 5 kita baru turun ke tempat carter angkot, terus turun di simpang raya. Nah dari situ kita nunggu bis lamaaaaaaaaaaaa banget kira kira ada kali satu setengah jam buat nunggu bus ke kp.rambutan. udah lama banget, busnya penuh jadi harus berdiri, sama kayak pas berangkat. Tapi ini tenaga udah abis broh :’
Sedihnya lagi di jalan macet banget, hampir sama sekali berenti, lantaran ada kerusuhan warga atau apalah gak ngerti, ditambah jalur naik gak tau diri, bikin 3 jalur mobil, terus kita udah ngga ada yang punya air, aus, capek, panas, campur jadi satu. Tahan tahan akhirnya sampe ciawi, di ciawi ini Alhamdulillah banyak yang turun, dan hampir semua dari rombongan dapet tempat duduk. Hampir semua. Kecuali gue. Tapi emang dari awal rencananya mine “kalo ada yang ga kebagian tempat duduk lo gue pangku aja al” yaudah akhirnya dari ciawi sampe kp.rambutan gue dipangku mine :3
Sampe terminal kampung rambutan udah jam setengah 12 malem. Gue sama mine sama-sama minta jemput biar ngga usah keluar duit lagi buat nyarter angkot, kebetulan rumah gue sama sekolah deket (jalan kaki juga sampe) terus malem itu kak didi nginep di rumah gue soalnya ngga ada yang bisa jemput. Akhirnya kita baru tidur jam 3 abis makan malem sambil curhat-curhatan banyak.

Next destination: Lawu! (insya allah, kapan kapan nih)

Transportasi
Berangkat (7 orang):
·         Carter angkot dari Kodam-Terminal Bus Kampung Rambutan 85.000
·         Bus Karunia Bakti/Doa Ibu Jurusan Cianjur @15.000 105.000
·         Carter angkot dari Pasar Cipanas ke kaki Puteri 55rb
Pulang (15 orang):
·         Carter 2 angkot dari kaki Puteri ke Simpang Raya @60.000 120.000
·         Bus Karunia Bakti/Doa Ibu Jurusan Kampung Rambutan @15.000 225.000