Wednesday, December 12, 2012

Review Film: 5cm


Pertama kali gue baca buku 5cm itu waktu SMP. Tapi gara-gara satu dan lain hal, gue sampe beli itu buku 2 kali dan ilang 2 kali. Coba kalo kepo bisa dilihat linknya di sini. Itu pertama kali bukunya ilang. Habis itu beli lagi di Gramedia Plangi. Tapi ilang lagi waktu abis UAS. Ilang di ruang panitia. Nggak ngerti :( Sejak saat itu nggak mau beli lagi bukunya, takut ilang lagi.

Tapi kalo ada yang mau beliin, ya alhamdulillah.

Dulu, gue suka banget sama buku itu. Gue merasa buku itu adalah buku terbaik yang pernah gue baca. Bahkan gue sebut-sebut waktu wawancara masuk SMA 81. Waktu itu gue diwawancara sama Pak Resi.
R: Do you like reading books?
A: Yes, I love reading so much.
R: What is the best book that you have ever read?
A: The best book I ever seen is ‘Five Centimeters’ by Donny Dhirgantara
R: Oh really? Why?
Dan kemudian gue cerita panjang lebar tentang buku itu.

Buku ini juga merupakan salah satu alasan gue masuk ekskul Pecinta Alam. Deskripsi Om Donny tentang Mahameru bener-bener bikin gue mupeng, bahkan waktu gue masih buta tentang alam, waktu gue masih belom tau seberapa sulitnya dan bagaimana rasanya naik gunung.
Sekarang ketika gue udah tau rasanya, makin menjadi-jadi...

Karakter-karakter di buku ini dibuat sangat khas, walaupun plotnya agak berantakan. Banyak banget quote-quote bagus dan lirik-lirik lagu jadul. Belum lagi ceritanya lawak. Banyak juga wacana tentang pengetahuan umum, misalnya diskusi tentang Plato, tentang Descartes, Teori Relativitas, dan lain-lain (lupa apa lagi, udah lama nggak baca), yang disampaikan lewat diskusi antartokoh jadi nggak terkesan berat. Deskripsi latar dan suasananya juga dapet banget. Jempol banget deh pokoknya.

Gue inget pernah ngebayangin, apa jadinya kalo buku ini difilmin, tapi kayaknya nggak mungkin, susah banget pasti. Maka dari itu gue sangat sangat excited waktu tau buku ini mau difilmin. Dalam hati “Dua belas dua belas dua belas kapan datengnyaaaaa???”

Dan hari ini, tepat tanggal 12 bulan 12 tahun 12, film yang paling ditunggu-tunggu itu diputar perdana, serentak, di hampir seluruh bioskop di Indonesia.

Dan gue sama Mine habis ngerjain try out Sosiologi langsung buru-buru ke Pondok Gede (abisnya ini doang yang deket-_-) takut keabisan tiket. Nabila sama Cacan nyusul karena belom boleh keluar ruangan. Dan pas gue sampe sana ternyata pintu teaternya udah dibuka. Yaudah kita buru-buru masuk. Dua puluh menit kemudian Nabila sama Cacan baru sampe. Tapi biarpun tulisan di tiket bahwa film jam 12.00, filmnya baru main jam setengah 1 (maklum Pondok-_-)

Respon masyarakat tentang film ini ‘wah’ banget. Pertama, dari teletabis yang langsung ngajakin gaspol brem brem brem buat nonton hari itu juga di mana pun, berapa pun harganya. Kedua, sebulan sebelum film ini disiarin, di grup facebook Forum Sispala Jakarta Timur udah ada yang ngepost trailer, dan ngajak nobar. Persis sehari sebelum filmnya diputer, gue dapet invitation nobarnya, tanggal 12 Desember jam 8 malem di Planet Hollywood. Yah maaf nggak bisa dateng L. Ketiga, sepulangnya gue dari bioskop, malemnya di timeline twitter dan facebook gue rame banget compliment atas mereka. Lebih dari film apapun yang pernah gue perhatiin. Bahkan lebih dari waktu film Harry Potter diputer.

Tapi memang film yang sangat (ulangi: SANGAT) bagus. Pantas untuk ditonton, bahkan kalopun lebih dari sekali. Gue hampir selalu kecewa tiap nonton film yang berasal dari buku. Selalu jauh dari asli, jauh dari ekspektasi, banyak hal-hal yang sering luput, dan jatohnya mengecewakan. Bahkan di salah satu buku yang difilmkan, waktu baca bukunya gue suka banget, tapi waktu nonton filmnya, gue sampe ogah nonton sekuelnya.

Tapi ini… Bayangan gue atas pemain-pemain di buku ini nggak jauh beda, dan yang beda pun nggak mengecewakan. Misalnya, Zafran dan Riani. Bayangan gue Zafran ya pujangga jamet, kurus kerempeng, tinggi, dekil, pecicilan. Nggak sama sekali kebayang Herjunot Ali yang segitu ganteng dan charming. Tapi yah… pas dilihat cocok-cocok aja. Ganteng pula. Banget malahan. Nggak nolak juga lihatnya. Trus Riani, Raline Shah. Bayangan gue dari deskripsinya ya perempuan yang cantik keibuan dan dewasa, dengan muka-muka Indoneisa. Bukan setengah bule kayak begitu. Di situ Riani nya lebih keliatan kayak anak muda yang doyan clubbing, dan lebih kayak tokoh antagonis. Yah walaupun begitu… tetep enak diliat. Abisnya Riani cantik banget.

Raline Shah
Herjunot Ali

Sisanya, Genta (Fedi Nuril), Ian (Igor Saykoji), Arial (Denny Sumargo), Dinda (Pevita Pearce), itu menurut gue pas banget pemainnya.
Fedi Nuril as Genta Super Badai
Pevita Pearce
Denny Sumargo
Igor Saykoji
Film ini, walaupun banyak banget bagian keren yang dipotong, misalnya tentang bagian seseorang bernama Deniek, tentang Ian yang awalnya benci sama Indonesia terus setelah naik Semeru jadi berbalik 180o, tentang diskusi-diskusi filsafat, dan sebagainya, tapi nggak membuat jadi jauh beda sama alur aslinya. Dan the best thing is, pengambilan gambarnya yang asli di Semeru. Cerita yang selama ini cuma sebagai bayang-bayang dan sebatas nyari gambar di google, berkat film ini jadi bener-bener keliatan bentuknya. film ini bener-bener ‘menjual’ salah satu sudut dari sekian banyak keindahan alam Indonesia yang sedikit-banyak bisa menumbuhkan nasionalisme.

Nggak tau kenapa, gue merinding nonton film ini. Gue sempet nangis tanpa sadar di bagian yang nggak sedih. Ada beberapa faktor yang bikin begini: 1. Pemandangannya indah banget; 2. Gue entah bagaimana merasa akan berada di sana suatu saat nanti; 3. Gue pernah merasakan hal semacam itu. Walaupun cuma sekedar Gunung Gede, yang nggak susah-susah amat treknya, tapi gue tau bagaimana rasanya, bagaimana euforianya, dan seberapa bangganya berada di puncak. Dan gue ngebayangin gimana rasanya, seberapa bangganya kalo naik Semeru, The Rooftop of Java, dengan kaki sendiri; 4. Denny Sumargo manis banget, sementara Fedi Nuril sama Herjunot Ali gantengnya ngga ada obat.

1 comment:

  1. bagus nih reviewnya :D yang pengen nonton film bisa langsung ke http://gostrim.com/movies/ selamat membaca review dan menonton film :)

    ReplyDelete