Saturday, February 19, 2011

TO part4: Hari ketiga keempat

....vendelnya masih berdiri. trus dia hampirin, trus dia pegang, .....

dan vendelnya roboh. sejenak kita berdua bengong. tapi habis itu langsung panik. sumpah deh pas itu gue juga ikutan panik ya mana gue gak ikutan masang piramida vendel kelompok gue lagi, jadinya gue gak ngerti itu pasangnya gimana. akhirnya gue bantuin sebisa gue, masangnya pidah ke dalem rumah. nah pas itu juga, temen-temennya puti dateng, buru-buru sambil bilang "awas awas awas, vendel, tongkat, minggir minggir, cepetan cepetan," dengan panik. jelas gue juga ikutan panik (lagi). ternyata ada panggilan peluit. akhirnya gue lari aja ke luar, mengandalkan insting gue untuk nemu jalan balik. trus di jalan gue ikutin aja anak-anak bernametag yang lari-lari. akhirnya setelah lari lari itu gue nyampe juga ke jalan utama, trus karena (untungnya, untuuuuung banget) rumah gue tepat di pinggir jalan utama, gue naik dulu ke tangga rumah, gue lempar mukena gue ke teras trus gue lari lagi (pake sendal jepit) ke lapangan. gue baru inget kalo pas itu mau ada acara api unggun. yaudah gue ikutan baris. gue langsung nyelusup ke barisan dan berdiri di belakang puput.
beberapa lama setelah baris, kita disuruh nyari tempat yang pewe buat gelar tiker, karena acara api unggunnya mau dimulai. ternyata kelompok gue gak bawa tiker. yaudah gue, imam, kak bima, inez, balik lagi ke rumah ngambil tiker sama eskrim. trus tikernya digelar dan singkat kata kita nonton performance api unggun dari (harusnya) 5 kelompok pertama. dan kelompok gue sama mitra gue itu kelompok yang dapet nomer urut 6. gak lama kemudian, belom sampe performance ke-6, tau tau ujan. ujannya gerimis sih kecil-kecil, tapi dingin parah. dingiiiiin banget. yaudah akhirnya kita balik ke rumah masing-masing, trus tiker kita yang selebar matanya abe (eh gakdeng itumah sempit) dibuat jadi payung yang bisa mayungin anak sekelompok. sepanjang jalan kita teriak teriak, "Kaka Bimaaa?? ROSO!!" huu sayang deh sama kak bima :') di tengah jalan, kakinya tanto masuk ke genangan lumpur. trus anak-anak pada ketawa. mereka bilang tanto dapet zonk. akhirnya tanto tarik kakinya, eh sendalnya malah putus. anak-anak ketawanya makin kenceng. tanto dapet big zonk katanya. dua zonk berturut-turut. gak cuma kita doang, kayaknya semua yang kebetulan lewat pas kejadian ikutan ketawa, apalagi kak bima, udah ngakak tuh kayaknya.
habis itu sampe rumah, anak-anak baru pada nanyain gue abis dari mana. puput aja sampe ngomelin gue. "kamu dari mana aja sih? tuh kan kamu belom makan jadinya. ayo cepetan pulang, cepetan makan." aaaaaa fufut sweet bangeeet~
akhirnya gue makan kfc sama mine. yang laennya udah makan. ternyata mine juga belom makan. pas itu gue diinterogasi, ditanyain dari mana aja, trus gue jawab aja abis jalan-jalan sama puti.

hari ketiga
hari ini ada hari di mana dilangsungkan yang namanya penjelajahan. yang gak ikut penjelajahan kalo gak ngajar anak-anak esde ya piket. awalnya yang ikut 5 orang, 4 cowok 1 cewek. dari awal gue udah bilang gue yang ikut penjelajahan, tapi ternyata ninin juga kayak gitu. mine juga bilang kalo dia mau ikut, tapi dia bilang kalo emang ceweknya cuman satu daripada dia mending gue aja yang ikut. hem katanya karena gue lebih setrong daripada gue. ah jadi gak enak. padahal kan kalo jogging dia pasti di belakang dan gue di depan, itu berarti gue gak lebih setrong juga daripada dia. hm. trus yaudah kita (gue dan ninin) rada-rada slek gitu gara gara itu. tapi terus malemnya dapet berita kalo yang ikut penjelajahan orangnya ditambahin, jadi 7 orang. trus yang 3 ngajar anak esde. trus dua piket di rumah (sian amat).
paginya, tau tau tanto bilang gak bisa ikut penjelajahan, katanya gak enak badan, trus dituker sama ayuka. akhirnya yang pergi penjelajahan alditho, imam, kris, gue, ayuka, mine, ninin. trus maury, puput, sama inez ngajar anak esde. tanto sama didy (yang sakit) jadi di rumah aja.

nah di penjelajahan itu seru deh jadi kita jalan jalan di jalanan desa, lewat pematang sawah, dan lain-lain. tujuan kita nyari pos-pos yang dituju. pos satu pos keagamaan. di sana sebenernya cuma diceramahin sama kakak kakak formasi sama pak kartono juga. tapi yang jelas di sana ada kak bimskey kamit gue yang ganteng, unyu, dan mirip afgan.

kalo pos 2 itu pos argumen. awalnya kita disuruh yel-yel dulu, yang sekelompok udah pada bener-bener apal, soalnya bahkan dibuatnya aja pas masih ngelaminating nametag. gue masih inget 3 yel-yelnya.

(ratu-TTM)
(cewek dengan gaya macho) kami dari zenooo
(cowok dengan gaya genit) ah ah ah
(cewek dengan gaya macho) pergi ke desa hambarooooo
(cowok dengan gaya genit) oh oh oh
biar kami capek lemah letih, tetap hepi
ooo tapi kami bingung
ketika dengar suara pluit
lagi mandi, makan harus lari
hitung seri....
(Project Pop-kawin)
TO! TO! empat hari aku TO!
TO! TO! buat aku jadi pongo!
TO! TO! bikin angkatan solid jadi...asik! asik! asik!
(gruvi ABC)
A A A A Alditho danrunya
B B B B Kak Bima ganteng kamitnya
C C C C C ada Chiss jadi wakil
jangan lupa ada mrs.Tuni jadi guru pembimbing kamiiii
memang zeno kelompok paling yoi!


dan...sisanya gue lupa.
nah trus di pos argumen itu kita disuruh argumen, ditanyain tentang hafalan nama-nama, jabatan, dan kelas kakak-kakak PO. trus ditanyain tentang komitmen untuk jadi angkatan yang solid, tertib, dan gak melanggar aturan sekolah, dan lain-lain.
nah habis itu sampe pos ke-3, itu pos fisik. di sana vendel kita ditaro (baca: dengan bentuk piramid) di tempat yang sudah disediakan. sementara kitanya tes fisik. dalam hal ini tes fisiknya adalah merayap di bawah tali tali gitu, trus bawah kita lumpur jadi (untungnya) licin dan (sedihnya) bikin baju kotor parah. nah kan awalnya udah pada baris, pas anak cowoknyua udah pada merayap semua, tau tau ada angin gede, dan vendel kita jatoh. sontak gue panik dan lari ngampirin vendel. pas gue mau berdiriin, ternyata sama sekali gak ada anggota kelompok gue yang bantuin. gue panik dan bingung, trus kak akrima dateng, dan ngambil vendel zeno. "vendel ini saya ambil." dan dengan bodohnya gue cuma bilang "yah..." dengan pasrah. gue sama sekali gak kepikiran untuk argumen. soalnya saat itu gue panik. yaudah gue balik ke tempat merayap-rayap itu. gue akhirnya merayap, dan pas nyampe ujung kak dewe biang "4 seri! cepetan turun!" cue buru buru turun ambil posisi push-up. entah kenapa pas turun posisi gue negrasa ada yang janggal, dan gue langsung dibentak (hem gak dibentak juga sih, soalnya kan dibentak kalo marah, entahlah apa namanya), "kamu cewek apa cowok???" oke gue baru sadar pantesan aneh taunya gue ambil posisi cowok. oke kak oke.
yaudah trus push up 4 seri (alhamdulillah lancar dan gak kesendat sama sekali. sepertinya berkat gue rajin carve :p), trus pas udah dikasih air minum, dan suruh bersih-bersih badan di sungai. ok itu gak keliatan seperti sungai. emang airnya ngalir, trus lumayan bersih, tapi besarnya cuma segede got yang depan rumah. aelah sebodo teuing ah. gue akhirnya bersih bersihin badan, muka, tangan, nametag dari lumpur. thanks kak saras yang udah nyaranin supaya perbatasan plastik nametag dilakban sebelum penjelajahan supaya lumpur-lumpur cokelat menggelikan itu gak masuk ke nametag dan ngerusak. teteup ada sih yang masuk, tapi seenggaknya gak banyak.
nah terus udahannya kita jalan lagi nerusin, ke pos 4, pos pendinginan. di pos ini cuma ditanyain sama bu erina "gimana tadi perjalanannya" "capek enggak" "paling seru pos apa" "kenapa bisa sampe kotor gini" de el el.

nyampe rumah, kita rame rame teriak "assalamu'alaikuuuuuuuuuum!" dan teman-teman yang lain keluar dari rumah, menyambut dengan riang gembira dan senyum yang megar kayak idungnya raditya dika. tapi mereka pada baru mandi semua, bersih, wangi, rambutnya basah. sementara yang pulang penjelajahan? hwuuu jangan ditanya!
akhirnya yang penjelajahan pada ngantri mandi ganti-gantian. teras yang tadinya putih bersih jadi cokelat cokelat menjijikkan.

akhirnya semuanya selesai juga mandi. trus kita ngomongin vendel yang diambil, dan sedihnya, pada sakit. tanto, panas banget badannya. dito keringet dingin. imam sama ninin keliyengan. didy mimisan sehari 3 kali. akhirnya cuma 3 orang yang diutus untuk argumen vendel, gue, mine, sama kris. ayuka, maury, sama puput jagain yang lainnya.
teus kita ke tempat osis putri. pas banget nyampe di sana, eh kak akrima lagi naik motor sama kak ivan mau jalan-jalan. trus akhirnya kak akrima bilang "jam setengah enam dateng lagi."
yaudah daripada kita jauh jauh balik ke rumah, mending kita main ke rumah kelompok 21,22, dan 23. kebetulan ada lulu di 21, jadi gue main di situ, trus di 22 ada mae, trus di sanalah gue pertama kali ngeliat makhluk yang berjudul 'izzu'. namanya jadi famous setelah semester 2, karena dia adalah anaknya pak mahroji. fyi, beliau adalah guru agama kami. karena orangnya rada-rada gimana gitu, jadinya anak-anak suka ngeledekin. baru tau kalo beliau punya anak sebaya kami. dan anaknya lucu. serius lucu banget, unyu unyu gimana gitu. pantesan si mae kesengsem *ups

akhirnya sampe juga jam setengah 6, kita nyamperin kak akrima dan minta balikin vendel. argumen kita bertiga gak ada yang diterima. inti pembicaraan sbb:
  1. konsekuensi yang kami tawarkan gak ada yang meyakinkan
  2. yang dateng cuma 3. kita udah jelasin kalo yang lain sakit, tapi kak akrima bilangnya gak usah sampe 3 orang yang jagain yang sakit, satu orang cukup
  3. kak akrima kecewa sama gue. poin ini yang bikin gue sedih banget. katanya harusnya gue masih bisa mempertahanin vendel, dengan jalan argumen, atau ambil duluan sebelum dia ambil. dia bilang tadinya mau ngitung 2 seri pelan-pelan, tapi baru setengah seri udah dia ambil karena sebel ngeliat sikap gue. (plus, gue rasa, yang mine juga ngerasa, itu karena dia 'nyokap' gue di carve. hem entah emang bener atau perasaan gue doang)
pas balik ke rumah (dengan tangan hampa sedihnya) mine ngebentak-bentak kris, karena kris dianggep telmi atau apalah. tapi karena mine cuma kebawa emosi, dia gak lama langsung minta maaf. pas mau nyampe rumah mine bilang "al ntar di sana kita pura-pura nangis yuk, biar mereka agak tergerak hatinya." trus gue bilang "iya" padahal sama sekali gak yakin bisa nangis.
sampe rumah, kita bertiga langsung duduk di bawah, dan ngejelasin tentang semuanya yang dibilang kak akrima. trus lama lama gue ngerasa sedih dan agak nyesek. trus mata gue berkaca kaca. dan gue nangis. nangis beneran. mine juga. padahal awalnya gue gak yakin bisa nangis.
imam yang tadinya main mainan gitar jadi diem. trus bilang "yah, alya, mine, jangan nangis dong. gue minta maaf deh." gitu. yang lainnya juga sama. akhirnya setelah gue agak tenang dan bisa berhenti nangis, kita ngatur rencana.
tau-tau kak bima dateng, dan kita curhat. trus gak lama kak sesar dateng, nyariin kak bima. fyi kak sesar itu kamitnya puti, anak paskib. kata anak-anak dia galak. tapi ternyata, setelah kak bima cerita duduk permasalahannya, dia ngejengukin kepala ke dalem rumah dan ngoceh panjang lebar tentang kak akrima. kak akrima itu kayak gini, kayak gitu, trus kita harus kayak gini, harus kayak gitu, dan semua omongannya kita simak baik-baik. pas dia udah selesai ngomong, tau tau salah satu diantara kita dapet inspirasi untuk hal konsekuensi. akhirnya kita bikin rencana; nanti malem, sebelum acara api unggun, sesudah makan malem, kita semua mau nyamperin kak akrima.
akhirnya jam setengah7an (setelah nyiapin konsekuensi yang kedengeran meyakinkan) kita semuanya jalan. alhamdulillah yang sakit udah lumayan enakan, jadi bisa ikutan. di jalan kita udah saling mengecam jangan ada yang gini-gitu, trus harus ini-itu, blah-blah-blah. kita semua tegang, soalnya pas gue, mine, sama kris argumen kak akrima galak banget. bener bener keukeuh dan gak bisa diruntuhin.
kak akrima muncul. trus dengan senyum mengembang dia bilang, "yang sakit gimana? udah sembuh?" trus si tanto jawab, "alhamdulillah udah enakan, kak."
trus kita berdiri baris di depan rumah pos putri. sambil megang-megang vendel zeno, dia nanyain tentang konsekuensi. kita jawab, "habis api unggun, kita akan bersih-bersih lapangan, kak." kak akrima mikir sebentar, dan jawab, "karena saya baru senang, dan kenyang habis makan, jadi, oke." sambil ngasih vendel.
kaget gak? kaget banget. ini beda banget sama yang tadi sore. itu argumennya udah mati-matian, udah gitu akhirnya gak dapet. ini, tanpa argumen, dapet begitu aja.
kita ngucapin makasih sebanyak-banyaknya ke kak akrima. trus gue curcol "iya, kak. tadi aku juga kecewa sama diri sendiri, waktu kakak bilang gitu. aku jadi down dan sedih banget." trus kak akrima bilang, "aduh alya, kamu jangan pernah ngerasa kayak gitu. kalo kamu udah sedih dan down berlarut-larut, gak akan ada lagi yang bisa ngebangkitin kamu. karena toh kamu sepenuhnya adalah diri kamu sendiri."
entah kenapa gue ngerasa ini kata kata yang paling berkesan selama TO (well, dengan efek bentuk argumen sebelumnya,hal ini gak mengherankan)
abis itu kita rame rame pulang. di jalan kita ngomongin kak akrima yang tau tau baik gitu. mungkin dia seneng ngeliat kita yang rela dateng rame rame, sama yang sakit juga, cuma untuk ngambil vendel. trus kita juga ngomongin kak sesar, yang beda banget sama image selama ini. sebut saja dia "kakak malaikat" .
malemnya, kita siap siap untuk acara api unggun. dengan konsep fashion show yang sudah direncanakan matang-matang dari jaman firaun masih ngempeng, kita siap untuk tampil hari itu.
harusnya mine sama claudia yang jadi MC, tapi karena mine suaranya abis, jadi mine gue gantiin.
ah coba ada videonya, pasti lebih pol nih. tapi karena gak ada jadi gue ceritain aja ya.
yang cowok dateng pake jaket dan sarung, yang cewek pake piyama, di pipi, atas bibir, sama dagu dikasih item-item pantat paci. setelah muter muter beberapa di depan, trus gue sama kuya ngasih aba aba "mau liat gak wujud aslinya??" "mau???" "MAUUU???!?!?" sejujurnya waktu itu rada krik krik. tapi terus yang cowok pada buka jaket dan sarung, trus menampilkan wujud asli mereka yang....pake daster.
sontak suasana jadi rusuh. si cowok cowok perkasa ini (imam, ditho, tanto, elza, emir) pada cute banget pake daster ibu-ibu. sambil jalan ala pragawati satu-satu, mereka improvisasi. contohnya si tanto, sampe depan penonton dia nyium tangannya ketang pensador, trus elza, muter muter sampe roknya megar, terus ngangkat tangan. nauzubilahimindzalik sok imut padahal kumis jenggot + bulu ketek bertebaran ke mana-mana. tapi yang paling heboh si imam, nyampe depan penonton (dia pake lingerie asal tau aja) roknya diangkat sepaha. aduh sumpah itu kacau banget. si MC amatiran aja sampe ngakak ngakak di depan mikrofon.

skip.

malemnya, ada event yang mamanya perang vendel. perang ini adalah perang pake senter, dimulai jam 12an, dan yang boleh ikutan cuma yang cowok. jadi kakak osis keliling, trus nyinarin senter ke arah kaca rumah, trus kita mesti bales. kalo kita salah bales atau kelamaan mikir, vendel diambil.
hasil: kita kalah perang. setelah perjuangan semalem tadi kita minta balik vendel sama kak akrima, akhirnya vendel diambil (lagi) -..-

hari keempat
besok paginya, ada argumen argumen lagi, tapi yang ini lebih serem dari yang sebelum-sebelumnya. dari satu kelompok, cuma 5 yang disuruh ikut argumen. sisanya packing. dan gue ikutan argumen.
skip
skip
skip
akhirnya siangnya kita pulang. akhirnya ibunya bisa bernafas lega setelah sekian lama kita rusuhin. tapi ternyata enggak. ibunya malah nangis. katanya sepi deh gak ada kita lagi. sedih jadinya :'(

trus kita apel pulang. di sini diumumin segala macem pemenang-pemenang.
untuk presentasi charta, zeno dapet juara 4 :)
untuk api unggun, zeno dan diogenes dapet juara 1 :)
dan yang paling mengesankan, zeno dapat penghargaan sebagai duta persahabatan. kalo juara-juara lainnya dapet bintang, untuk duta persahabatan dapet medali. bangga bagnet waktu pake medali ini. maury sampe nangis saking terharunya. pas zeno di depan dikalungin medali, bu tami nyebutin alasan kenapa zeno dapet medali duta persahabatan. karena setelah selesai api unggun, zeno gak langsung pulang. zeno beberes lapangan dulu. dan itu yang bikin zeno dapet penghargaan.
kembali ke barisan, kak akrima nyalamin kita satu satu dari depan, sambil bilang "sebenrnya saya agak gak setuju, karena ini 'kan konsekuensi. tapi..."
tapinya gue gak tau dia lanjutin apa.
yah pokoknya kita makasih banget deh buat kak akrima yang udah ngizinin kita ambil konsekuensi itu. kalo gak diizinin, belum tentu kita dapet medali ini.

trus kita pulang. pas nyampe sekolah, kita mendadak sedih, karena TO udah lewat. nametag sekarang udah ditenteng, bukan dipake lagi. ternyata TO itu asik parah. asik banget, banget. banget. malemnya twitter rame langsung. setelah sekian lama nggak ngetweet, akhirnya anak 81 pada muncul juga ngerusuhin timeline dangan hashtag #kenanganTO :')

gue minta tanda tangan kakak-kakak zura di nametag belakang gue, dan khusus buat kak bima tersayang di nametag depan. isinya nggak cuma tanda tangan, tapi juga pesan "ditunggu di capsis 2011 ya Alya!"
capsis 2011, insya allah ikutan. pingin ikutan TO lagi, tapi sebagai manusia-manusia berwibawa yang mengenakan jas abu-abu.

No comments:

Post a Comment