Tuesday, February 15, 2011

TO part3: Hari pertama kedua

hari pertama
hari ini yang pasti kita berangkat (yaiyalah) berangkatnya itu sekitar jam 9an, nah, khasnya 81 itu adalah tiada hari tanpa belajar. jadi dari jam setengah 7 sampe jam 9nya itu kita belajar. huah. nah barang-barangnya itu yang koper koper, tongkat, tiker, makanan, dan lain lain itu udah dimasukkin duluan kemarinnya dan pagi paginya banget.
nah ini agak misterius juga. kelompok lain pada panik "eh gue suruh bawa panci" "duh gue besok mesti bawa ember" "gimana nih gue bawa wajan ke sekolah??" "lo bawa beras, gue bawa tiker, lo bawa lauk sama snack..."
sementara mine nanya, "al, lo disuruh bawa apa gitu nggak sama alditho? ember, panci, beras de el el??" "nggak, ne, lo?" "gue juga enggak. gimana dong?" "ya udah. gak ngerti juga gue."
dan paginya, waktu gue sama mine mau naro tas di meja regu 4, meja itu udah penuh sama barang-barang rumah tangga, aqua dus, sekarung bahan makanan, sedus chitato sama susu kotak, dan entah apa lagi.
"eh, ini barang-barang siapa?" "gak tau." "masa barang kita?" "siapa yang beli?" "iya, mana masih baru lagi." "jangan jangan..."

nah jam 10an kita baru bener bener berangkat. zeno dan diogenes dapet bis 2. bisnya itu kecil, gak berAC, dan jendelanya kecil, di atas. pas mau berangkat, gue, mine, dan inez jajan ayam sabana dulu yang deket 81, nah itu ayam buat digadoin di bis. gue duduk sama mine. pas mau berangkat pada bingung gitu nyariin kak bima mana kak bima, trus ada yang bilang kak bima udah naik bis di depan duluan, yaudah bis berangkat, dengan kamit cuman kak windy, kamitnya diogenes. trus kita (gue dan mine) sepanjang jalan nyanyi nyanyi gitu deh, trus orang sebis pada menikmati (baca: terganggu). sampe masdanru gue aja bilang "ini bocah dua gak capek apa nyanyi nyanyi melulu?" nah pas udah sampe mana gitu (yang pasti udah jauh) gue dan mine baru tidur. trus pas bangun ternyata udah sampe suatu tempat yang namanya pasar Leuwiliang. FYI, TO nya itu beralamat di Desa Hambaro, Kecamatan Nanggung, Kelurahan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Dan nyampe sana gue dan mine nyanyi-nyanyi lagi.
skip skip skip, akhirnya kita sampe di tempat. hem yeah tepatnya bukan di tempat juga, tapi sekitar seratus meter sebelum tempat. ada tanjakan curam, pas di tikungan pula, alhasil bisnya miring dan anak anak pada njerit semua. yaudah akhirnya pada turun, dan jalan sendiri ke lokasi.
Teras Rumah Bu Murni, regu 4 ZENO!
nah pas sampe sana kita nyari rumah kelompok 4, dan ternyata deket, gak jauh jauh amat dari lapangan dan persis di pinggir jalan utama. rumahnya juga bagus, berhubung ini di desa, dan pelosok banget sepertinya, maka rumah ibu murni ini masih terbilang bagus, ya walaupun gak ada tv, tapi seenggakya ada lampu, ada kamar mandi, dan gak pake sumur. kelompok lain bener bener beda banget keadaannya sama ini. ada yang gak ada kamar mandinya, jadi kalo mau ada urusan alam mesti ke mck umum. behh. ada juga yang kamar mandinya pake sumur, hem itu pasti seru ya nimba nimba gitu, tapi kan gue takut ketinggian, jadi pasti udah keliyengan duluan ngeliat ke dalem sumur, ya bagusnya kamar mandi gue tinggal mencet saklar airnya udah ngalir. walaupun airnya rada diragukan kebersihannya....
tapi ada juga rumah yang ada tvnya, ada vcd dvd, bahkan ada ACnya. bener bener gak merata.
hem ya masalah di desa ini paling besar adalah air bersih. pertama kali dateng ke masjid terbesar yang tetep aja kecil di desa ini, tempat wudhunya itu dari bak terbuka yang ada kerannya. pas gue intip, airnya itu....cokelat. whoah. otomatis selama di sana gue wudhu gak kumur.
gak lama kak bima dateng ke rumah, mukanya agak melas gitu. "kok saya ditinggal? saya naik bis terakhir jadinya..." aaaa maapya kakak :(
nah setelah itu kita upacara pembukaan. gue paling gak suka upacara upacara ginian, soalnya intinya cuman dengerin sambutan dari ini-itu, dan gak ada event pengibaran benderanya. padahal di upacara gue cuma suka liat pengibaran bendera dan nyanyi indonesia raya doang. nah di sana kk osisnya juga ngasitau, untuk segala macam prestasi yang kita lakukan itu dapet bintang, biru untuk keagamaan, ijo untuk sosial, merah untuk argumentasi, kuning untuk api unggun, dan hitam untuk setiap pelanggaran. fyi, yang biru, ijo, item itu tiap hari ada aja yang dapet. kalo merah itu jarang banget yang dapet, satu angkatan paling cuman satu atau dua kelompok yang dapet, nah kalo kuning cuma enam kelompok yang dapet, karena api unggun acaranya mitraan, dan yang dikasih juara satu sampe tiga.
nah hari ini juga kita mulai survey survey untuk charta. pertanyaannya itu seputar ekonomi, pokoknya intinya itu orang orang hambaro sering pada merantau ke jakarta, padahal tanah di desa mereka sendiri subur, nah kita akan cari tau itu kenapa. nah malemnya kita semua berjibaku bikin charta. seru loh bikin charta, kayak bikin mading. yang nulis itu puput. yang lain ngegarisin karton, bikin judul, de el el. itu seru. akhirnya pada tidur jam 1an.

hari kedua
hari kedua ini kita presentasi charta, jam setengah 10an pagi. karena itu, gue sama didi milih piket di rumah, soalnya gue males sama yang namanya presentasi. nah pagi paginya gue sama didi belanja bahan makanan, nah pas mau balik ke rumah tau tau didi mimisan. yaudah gue balik sendiri ke rumah, didi di posko kesehatan. pas sampe rumah ternyata anak anak lagi pada apel pagi. yaudah gue lanjutin aja dikit chartanya. nah beberapa saat kemudian mereka pulang, trus ngelanjutin bikin charta lagi. trus kak bima dateng, trus katanya deadline chartanya bentar lagi. akhirnya pada bikin buru buru. trus pada bantuin nulis, soalnya kalo puput doang takutnya gak keburu. akhirnya waktu yang tersisa 2 setengah jam abis. untungnya charta udah jadi. yaudah akhirnya pada berangkat presentasi charta, trus gue sampein goodluck buat mereka dan mereka pergi. habis itu gue beres beres rumah. beres beres sisa sisa bikin charta yang masih bertebaran di mana mana. setelah didi pulang, kita masak. yakali gue masak. yang masak itu bu tuni, guru pembimbing zeno, gue cuma bantu bantu aja. masaknya itu tahu sama sarden. entah kenapa itu terasa enak padahal gue benci setengah idup sama ikan.
nah sekitar jam 11 siangan gitu yang lain pulang. tepat sekali setelah makanannya jadi. akhirnya pada makan deh trus katanya itu enak aaaaaaa melayang deh gue (berasa gue yang bikin aja) nah terus sebelum solat jumat ada kakak kakak dari sigma dateng, balikin charta kita, nah trus dia bilang nanti habis ini chartanya dibenerin, trus dibawa buat presentasi charta selanjutnya. itu berarti....charta zeno adalah charta ekonomi terbaik. sejenak pada diem, speechless, trus mendadak pada jejingkrakan.

tapi karena piket per dua orang cuma setengah hari, jadi di presentasi ini gue mesti ikut. uwaw. yaudah akhirnya gue siap siap mandi, ganti baju pramuka, gitu gitulah. trus akhirnya kita berangkat ke lapangan madrasah yang dipake untuk acara ini.
skip skip skip, soalnya gue gasuka bagian ini.

trus pas pulang ada orang tuanya didy dateng, trus bawain kfc buat kita, bawain sushi buat didy. gue icipin sushinya. gue baru sadar itu ikan. gue telen susah payah. gue akhirnya berhasil nelen itu ikan. hoek.
malemnya, pas abis solat isya, kan jadwalnya itu makan malem, trus ada api unggun. nah dari musola abis solat isya, gue jalan bareng puti ke rumah gue, sambil ngobrol ngalor-ngidul. nah terusnya pas nyampe depan rumah gue, si puti gak pergi pergi, masa iya gue mau ngusir. trus dialog antara gue-puti:
a: put lo kok gak pulang?
p: eng...gue takut baliknya, sendirian. temenin gue yuk
a: laaaaaaaaaah yang bener aja lu put. temen lu emang pada ke mana?
p: udah pada balik gara gara nemenin lu dulu
karena gue gak enak akhirnya gue tawarin
a: yaudah gue temenin lu balik
p: asik, ayok
a: terdulu, rumah lo di mana?
p: di bawah, jauh
a: lahhhh trus ntar gue pulangnya gimana???
p: yaaaa gue anterin lagi
a: trus abis nganterin gue lo gimana baliknya?
p: yaaaaaa balik lagi sendiri
oke itu bodoh

akhirnya singkat kata gue sama puti jalan bareng ke rumahnya puti. dan suwer, itu jauh banget, mana jalannya susah hedeh. nah sampe sana puti ngecek vendel, trus gue nanya, "ini mau ngapain?" "lu maunya ke mana?" "tempat arin yuk" "ayuk dah gua anterin"
yaudah akhirnya kita jalan lagi. trus sampe satu rumah si puti bilang kalo itu rumahnya arin. trus gue panggil panggil aja "arin, arin" eh arinnya gak keluar keluar "ARIN ARIN" lama lama gue tereak. trus karena gak ada yang keluar akhirnya gue baca kertas yang ada tulisan daftar anggota kelompok yang tinggal di situ. dan itu tempatnya sasya sama eldo. bukan arin. TABOKIN PUTIIIIIIIIIIIII!!!!!!!!!!!
"ups sori al gue lupa, ini rumahnya arin" kata puti sambil nunjuk rumah sebelah agak depanan.
di depan rumah itu ada kiki. gue tanya dulu deh itu rumahnya arin apa bukan, kapok langsung manggil. ternyata itu beneran rumahnya arin. trus arin keluar, trus ngobrol ngobrol bentar, terus pamitan mau balik. tapi puti bilang ke rumahnya dia dulu, mau ngecek vendel katanya, trus akhirnya gue mau ke rumahnya dia. dan tanpa gue sangka, ternyata pas kita sampe rumahnya, dia.....

to be continued

No comments:

Post a Comment